Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Daring Mind mapping Anti Garing

Daring Mind mapping Anti Garing

Daring Mind mapping Anti Garing

Penulis : Edit Kadila, S.Pd

Pengelola PAUD Al Hafizh dan Guru SMA S Cisarua-Bogor

Meluasnya penyebaran wabah Virus Covid-19 membuat semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Kegiatan proses belajar mengajar dialihkan ke rumah untuk sementara. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik secara massal, sehingga bisa memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Banyak kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring. Koneksi internet yang tidak bagus serta tidak adanya komunikasi langsung antara guru dengan siswa yang menyebabkan pembelajaran daring menjadi garing. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya strategi pembelajaran. Yaitu, suatu rangkaian rencana kegiatan yang didalamnya ada metode dan pemanfaatan sumber daya alam. Strategi ini akan bermanfaat bagi siswa yang terlayani kebutuhannya dalam belajar dan cara berpikir yang lebih baik.

Strategi pembelajaran ini juga dapat membantu guru memahami bagaimana cara belajar siswa yang baik. Karena setiap siswa memiliki perbedaan dalam hal kemampuan, motivasi belajar, latar belakang sosial ekonomi dan budaya. Untuk itu strategi yang saya gunakan adalah dengan mengunakan mind mapping. Mind mapping ini akan memudahkan siswa untuk memahami dan mendeskripsikan suatu hal yang sulit. Jadi, siswa bisa lebih fokus pada poin pentingnya saja dan dapat menyimpulkan ke dalam yang lebih sederhana.

Pembelajaran mind mapping ini saya terapkan pada siswa saya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Cisarua-Bogor. Kebetulan selain bertugas sebagai Pengelola Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD), saya juga sebagai guru Biologi di sekolah itu. Tugas mind mapping ini saya berikan untuk mempermudah siswa mendapatkan pembelajaran dalam situasi pandemik Covid-19.

Mind mapping atau peta konsep ini adalah proses memetakan pikiran/ materi yang sulit dengan konsep-konsep permasalahan yang dituangkan dalam selembar kertas maupun soft ware. Untuk siswa SMA Cisarua saya menggunakan selembar kertas buku gambar atau karton, karena hampir 80 persen siswa saya tidak memiliki komputer. Tugas mind mapping ini sangat bagus diterapkan dalam pembelajaran daring, karena disini siswa dapat mengembangkan ide kreatifitas dan inovasi mereka.

Tugas ini saya berikan melalui Whatsapp Group. Salah satu aplikasi yang sangat cocok digunakan karena pengoperasiannya sangat simple dan mudah diakses siswa. Dengan imajinasinya siswa yang bermacam-macam, mereka bisa menjadikan mind mapping itu menjadi cantik karena disertai gambar dan warna yang indah serta bentuk yang unik.

Pembuatan mind mapping ini sangatlah mudah.

1. Siapkan kertas buku gambar/karton yang akan dibuat maind mapping serta buku paket siswa.

1. Tentukan tema utamanya ditengah-tengah. Misalnya Sistem Reproduksi Manusia.

2. Tentukan cabang utamanya yang masih berkaitan dengan temanya. Misalnya Struktur dan Fungsi Organ Reproduksi manusia dan Kesehatan Organ Reproduksi.

3. Kemudian tentukan sub topik sebagai ranting yang diambil dari cabang utama. Misalnya untuk struktur dan fungsi organ reproduksi manusia dibuatkan cabang-cabangnya lagi. Misalnya organ reproduksi perempuan dan organ reproduksi laki-laki.

4. Gunakan gambar, symbol atau kode, pada dimensi seluruh peta pikiran siswa.

5. Gunakan garis untuk menghubungkan cabang-cabang dengan garis warna.

6. Siswa dapat mengembangkan mind mapping sesuai dengan kreativitas dan inovasi anak.

Untuk memastikan apakah siswa mengerjakan tugas atau tidak, mereka diminta mengirimkan hasil tugasnya di Whatsapp grup dengan cara difoto. Kemudian siswa mempresentasikan hasil tugasnya dengan menggunakan video. Dengan pembelajaran daring mind mapping siswa dijamin anti garing.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bunda Edit, inspiring best parcticenya bun, sukses selalu, aamiin.

04 Jun
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda..

04 Jun

Keren bunda Edit, inspiring best parcticenya bun, sukses selalu, aamiin.

04 Jun
Balas

Aamiin. Terimakasih Bunda

04 Jun

Keren bunda Edit, inspiring best parcticenya bun, sukses selalu, aamiin.

04 Jun
Balas

aamiin..terimaksih Bunda

09 Jun

Mantap Bu, sukses ya.

03 Jun
Balas

Aamin..terimakasih Pak

04 Jun

Mantap tenan. Sabana santiang bunda edit dengan pembelajaran mind mappingnya.

05 Jun
Balas

Aamiin..tarimokasiah Pak..

09 Jun

Inovatif

04 Jun
Balas

Terimakasih Bunda

04 Jun

Mantap Bun

04 Jun
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda

04 Jun

Guru kreatif dan inovatif mantap bu

03 Jun
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda

04 Jun

Mantap Uni, olmu yang bermanfaat

03 Jun
Balas

Aamiin..barakallah

04 Jun

Kreatif Bunda. Semoga menang. Sukses selalu

05 Jun
Balas

Kreatif Bunda. Semoga menang. Sukses selalu

05 Jun
Balas

Kreatif Bunda. Semoga menang. Sukses selalu

05 Jun
Balas

Kreatif Bunda. Semoga menang. Sukses selalu

05 Jun
Balas

Kreatif Bunda. Semoga menang. Sukses selalu

05 Jun
Balas

Ok bana ide Emak Kurator ko.Cocok tuk siswa kls tinggi.

04 Jun
Balas

Aamin..terimakasih Bunda..bisa diterapkan di tingkat SMP juga Bun

04 Jun

Bagus

03 Jun
Balas

Terimakasih Bunda

04 Jun

Wah bunda edit keren

04 Jun
Balas

Terimakasih Bunda..

04 Jun

Good luck Bu Edit. Barakallahu fiik

04 Jun
Balas

Aamiin. Terimakasih Bunda

04 Jun

Good luck Bu Edit. Barakallahu fiik

04 Jun
Balas

Good luck Bu Edit. Barakallahu fiik

04 Jun
Balas

Mantafff kali Bu....

04 Jun
Balas

Terimakasih Pak..

04 Jun

Luar biasa. Jempol buat bunda

04 Jun
Balas

Aamiin..terimakasih Bu

04 Jun

Mantab Bun

03 Jun
Balas

Terimakasih Bunda

04 Jun

Keren

04 Jun
Balas

Terimakasih Pak..

04 Jun

Keren bunda edit

04 Jun
Balas

Mantap bunda, kreatif dan bermakna

03 Jun
Balas

Alhamdulillah..terimakasih Bunda

04 Jun

Keren

04 Jun
Balas

Terimakasih Bunda

04 Jun

Bagus sekali bu edit

04 Jun
Balas

Terimakasih Bunda

04 Jun

Ulasan yang sangat mantap dan berisi banget.

03 Jun
Balas

Terimakasih Bunda..

04 Jun

Mantap bu....belajar santai, berkreasi namjn penuh makna

03 Jun
Balas

Iya Bunda..terimakasih

04 Jun

Mantap bu....belajar santai, berkreasi namjn penuh makna

03 Jun
Balas

Mantap bu....belajar santai, berkreasi namjn penuh makna

03 Jun
Balas

Mantap bu....belajar santai, berkreasi namjn penuh makna

03 Jun
Balas

Mantaap..memang asyik untuk yang pinter menggambar..pernah dicoba ..mereka lebih kreatif..Salam Biologi seprofesi kita hehe

03 Jun
Balas

Yg kurang pintar jd ikut berimajinasi Bunda..salam

04 Jun

Yg kurang pintar jd ikut berimajinasi Bunda..salam

04 Jun

Mantap...kreatif inovatif makasih Bun bermanfaat banget

03 Jun
Balas

Alhamdulillah..barakallah

04 Jun

Mantap...kreatif inovatif makasih Bun bermanfaat banget

03 Jun
Balas

Kereen menewen mbak

04 Jun
Balas

Bagus bu. Ijin mau ditiru ya di sekolahku.

03 Jun
Balas

Terimakasih Bunda. Dg senang hati Bunda

04 Jun

kurang cilik le nulis

11 Jul
Balas



search

New Post