Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Agen Guru Penggerak

Agen Guru Penggerak

Agen Guru Penggerak

Oleh: Edit Kadila, S.Pd

PAUD Al Hafizh Cisarua-Bogor

Menjadi Kepala Sekolah bukanlah jabatan, melainkan tugas tambahan yang harus saya lakukan saat mendirikan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2015. Dalam menjalankan tugas ini, saya dituntut untuk mempunyai kemampuan khusus dalam mengelola suatu lembaga sekolah.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah PAUD Al Hafizh, saya harus melakukan perubahan guna mencapai peningkatan pelayanan dan mutu pendidikan di sekolah yang saya pimpin. Salah satu peranan yang dapat dilakukan adalah membangun guru dan warga sekolah agar melakukan pro perubahan.

Sesuai dengan visi dan misi yang ada di sekolah PAUD Al Hafizh, saya harus menjadi Agen Guru Penggerak yang memiliki cara-cara untuk menggerakkan guru dan warga sekolahnya untuk mencapai perubahan tersebut. Untuk itu saya harus mampu mengarahkan, membimbing, memotivasi, mempengaruhi, memberi inspirasi, kreativitas, inovasi dan inisiasi dalam pengembangan pembelajaran.

Ada beberapa hal yang saya lakukan sebagai Agen Guru Penggerak. Pertama, membersamai guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). Saya berikan mereka kesempatan untuk berdiskusi dalam menentukan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam satu minggu pada tema yang sudah ditentukan. Saya berusaha menggali ide-ide mereka dengan cara melakukan literasi digital maupun literasi manual. Mereka bisa searching pembelajaran di google atau membaca buku yang berada di pojok literasi sekolah. Setelah itu mereka bisa memodifikasi dari apa yang mereka temukan.

Foto Membersamai guru dalam membuat RPPH dan RPPM

(Dokumentasi Pribadi)

Kedua, saya melakukan pembelajaran bersama dengan para guru. Saya memberikan contoh bagaimana agar suasana belajar jadi menyenangkan dan bahagia. Seperti nada suara yang harus keras dan tegas serta gerakan badan yang harus lincah. Sehingga dapat merangsang anak-anak untuk bersemangat dan ceria.

Ketiga, saya harus bisa membangun inspirasi buat guru dan warga sekolah. Dengan cara memberikan contoh dalam hal misalnya komitmen, disiplin, nyaman terhadap perubahan, kasih sayang terhadap anak didik, semangat kerja, dan sebagainya. Inspirasi itu bisa dilakukan secara langsung dengan tatap muka di sekolah dan tidak langsung melalui grup whatsapp yang sudah dibuat.

Keempat, saya melakukan parenting setiap seminggu sekali untuk menyampaikan perkembangan anaknya yang berkaitan dengan konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. Saya bahkan menunjuk Ketua Komite untuk menjadi orang tua penggerak dalam mendukung konsep ini sehingga terjalin kolaborasi dengan sekolah dalam peningkatan mutu anak-anak di PAUD Al Hafizh.

Dari hasil analisis yang dicapai, dengan adanya Agen Guru Penggerak dapat mewujudkan kreatifitas dan ide-ide atau gagasan inovatif guru dalam kegiatan pembelajaran. Guru jadi banyak belajar, bagaimana cara yang tepat untuk mentransfer ilmu kepada anak didiknya. Selain itu kemampuan kompetensi guru pun menjadi meningkat.

Dampak implementasi dari adanya Agen Guru Penggerak terhadap anak didik adalah meningkatnya minat dan potensi anak didik serta memberikan kebebasan anak didik utuk berinovasi sendiri. Seiring perkembangan kepribadian dan karakter anak didik, dengan adanya implementasi Agen Guru Penggerak menjadi sesuatu yang sangat penting karena anak didik akan bahagia dan belajar dalam suasana yang happy.

Profil Penulis:

Edit Kadila, S.Pd lahir di Jakarta, 05 Oktober 1971. Menempuh Pendidikan S1 di STKIP Panca Sakti Bekasi Jurusan Ekonomi dan S1 di Universitas Terbuka Jurusan Pendidikan Biologi. Sehari-hari menjabat sebagai Pengelola PAUD Al Hafizh dan Guru Biologi di SMA Cisarua Bogor. Meraih penghargaan sebagai Pelopor Penggerak Literasi Bogor di kegiatan Temu Nasional Guru Penulis 2019. Karya buku tunggalnya Cara Cantik Menjadi Guru IPA, Catatan Harian Kepala PAUD, dan Penjelajah Jalur Puncak. Serta 14 karya buku antologi bersam teman-teman penulis se-Nusantara. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WA (085810527085) atau email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Good mom

02 Apr
Balas

Terimakasih Bunda

03 Apr

Tulisan yg keren ibu

02 Apr
Balas

Terimakasih Bunda..

02 Apr

Mantap. Intinya implementasi Agen Guru Penggerak menjadi sesuatu yang sangat penting karena anak didik senang belajar dan tujuan pembelajaran tercapai.

05 Apr
Balas

Alhamdulillah, tulisan yang keren Bunda Edit. Barakallah

01 Apr
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda

02 Apr

Keren Bu. Semoga sehat dan sukses selalu

01 Apr
Balas

Aamiin Ya Allah. Terimakasih Bunda

02 Apr

Wow... hebat Bu?

02 Apr
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda

02 Apr

Jempol

02 Apr
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda

02 Apr

Keren un

02 Apr
Balas

Tarimokasih Pak..

02 Apr

Tulisannya Mantul Bunda Edit.

02 Apr
Balas

Aamin. Terimakasih Bunda sudah singgah

02 Apr

Masyaallah... Sukses trs ya bunda...

02 Apr
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda

02 Apr

Wow selamat dan sukses Bu Edit menjadi pelopor dan penggerak guru untuk mau berubah. Keren.

01 Apr
Balas

Aamiin..terimkasih Bunda

02 Apr

Mantap Bunda Edit. Semoga selalu menginspirasi.

02 Apr
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda

02 Apr

Waww .. mantap jiwa , sukses bu !

02 Apr
Balas

Aamiin Ya Allah. Terimakasih Bunda

02 Apr

Selamat ibu, semoga tulisannya sebagai guru penggerak masuk nominasi

02 Apr
Balas

Aamiin Ya Allah..terimakasih sdh singgah

02 Apr

Semoga sukses, Bu. Keren abis tulisannya.

02 Apr
Balas

Aamiin..terimakasih Pak. Bapak juga keren..

02 Apr

Wow...mantap bunda

02 Apr
Balas

Terimakasih Bunda..

02 Apr



search

New Post