Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Navigasi Web

(Tantangan Menulis Hari Ke-57) Kurator jadi Editot

Diawali dari buku antologi Yuk Meong Rame-rame, aku ditunjuk oleh seorang teman untuk menjadi kurator. Aku pikir jadi kurator itu gampang dan tugasnya ringan-ringan saja. Ternyata sulit juga, brow. Aku harus membaca satu persatu naskah teman-teman yang masuk. Dan aku juga mulai mengedit tulisan yang typo. Tapi aku senang. Dengan cara begitu bisa melatih diri aku menjadi seorang editor kecil-kecilan. Hehehe..

Sebaiknya menurut aku nih ya, baik penulis pemula maupun sudah lama, naskah itu sebelum dikirim sebaiknya dicek dahulu dengan teleti. Yah minimal memperbaiki tanda baca dan salah ketik/typo. Dengan begitu kita sudah meringankan kerja tim editor. Betul tidak?

Aku jadi teringat, pada tahun 2017 aku pernah mengikuti pelatihan kelas editor di Jakarta. Pelatihan itu mengajarkan aku bagaimana beratnya menjadi seorang editor. Tanpa mengenal waktu dan lelah mereka bekerja. Setelah buku kita jadi, kita lupa deh dengan editornya. Padahal buku kita menjadi cantik karena mereka. Oleh karena itu untuk meringankan kerja mereka, belajarlah jadi editor buku sendiri. Seperti aku banyak belajar ngedit gara-gara jadi kurator. Moga saja ada yang ngangkat aku jadi editor beneran. Hahaha...berat. Yang ada naskah teman-teman jadi hancur. Wkwkwk..

Ok brow, untuk editor bukuku dan juga buku antologiku makasih banyak ya. Aku doakan semuanya pada sehat dan panjang umur. Maaf yo, aku baru bisa kasih doa saja. Insyaallah..Allah akan balas kebaikan editorku semuanya dan semuanya masuk surga. Aamiin...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search