Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Merdeka Belajar dengan Loose Parts

Merdeka Belajar dengan Loose Parts

Merdeka Belajar dengan Loose Parts

Penulis : Edit kadila, S.Pd

PAUD Al Hafizh adalah sekolah yang saya kelola sekaligus saya pimpin, lima tahun yang lalu. Banyak temuan kesalahan konsep mengajar yang telah dilakukan oleh guru-guru di sekolah saya. Untuk menghindari kesalahan yang semakin parah saya akhirnya harus punya banyak waktu dan perhatian dengan sekolah PAUD saya.

Sebagai pengelola saya dituntut untuk melakukan perubahan kepada para guru dengan menerapkan konsep merdeka belajar yang disampaikan oleh Mas Nadiem. Guru PAUD diharapkan menjadi fasilitator untuk meyiapkan alat bermain dan belajar, kemudian anak didik kita yang mengeksplor. Dengan merdeka belajar kita dapat menggali minat dan potensi anak didik untuk berinovasi, sehingga tercipta rasa bahagia dengan suasana belajar gembira.

Konsep merdeka belajar yang diterapkan PAUD Al Hafizh adalah dengan belajar di alam dan menggunakan Loose Parts. Dengan belajar di alam anak-anak dapat mengeksplor dirinya. Guru-guru bisa membuat pembelajaran inovatif dari alam. Salah satunya contohnya adalah lomba estafet runjung pohon pinus. Runjung bisa menjadi alat media yang menarik pada saat lomba estafet dan guru juga bisa mengajarkan CALISTUNG (Membaca menlis dan berhitung). Sebelumnya anak-anak diminta untuk mengumpulkan runjung yang berjatuhan kemudian menghitung berapa jumlah runjung yang sudah mereka kumpulkan. Anak-anak diminta menirukan tulisan di tanah dan membacanya. Dengan begitu anak sudah belajar calistung dengan menggunakan loose part. Setelah itu anak dibagi perkelompok dan permainan estafet runjung pun bisa dilakukan. Menyenangkan bukan?

Bagaimana bila konsep merdeka belajar diterapkan di dalam ruang kelas? Hal itu tetap bisa dilakukan. Contohnya belajar sains atau dengan permainan game yang bisa membuat anak didik kita bahagia dan merdeka. Guru harus sering bereksperimen dan mencoba hal-hal yang lebih inovatif. Oleh karena itu guru diwajibkan membuat RPPH dan RPPM untuk tuntunan dalam melakukan pembelajaran. RPPH dan RPPM yang memuat semua rencana kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya dalam satu minggu.

Salah satu penerapan konsep merdeka belajar ilmu sains yaitu dengan melakukan percobaan sifat-sifat zat pada tema batu, air dan api. Dengan bantuan orang tua, anak diminta tutor untuk membawa batu kerikil sejumlah yang mereka mau pada saat menuju ke sekolah. Kemudian mereka diminta menghitung berapa jumlah batu yang mereka bawa. Untuk membacanya anak-anak diminta menyebutkan hurup awal dari benda yang disiapkan dalam percobaan sains. Seperti air, batu, botol, balon, gelas, busa, dan lego. Setelah percobaan selesai kita bisa bermain balon bersama atau membuat alat musik perkusi dari botol yang diisi dengan batu. Yang intinya bisa membuat anak jadi bahagia dan belajar dalam suasana gembira.

Penerapan konsep merdeka belajar bukan hanya pada anak didik saja. Tapi konsep merdeka belajar juga diterapkan pada para guru, tenaga kependidikan dan juga warga sekolah. Warga sekolah terutama orang tua bisa melakukan kolaborasi dengan anaknya untuk merdeka belajar. Salah satunya yang pernah dilakukan adalah mengumpulkan batu, lumut, botol-botol bekas dan lain-lain, yang nantikan akan digunakan untuk media pembelajaran loose parts. Atau melakukan kolaborasi memasak bersama yang nantinya anak ditemani orang tua untuk melakukan presentasi. Penanaman karakter pun bisa diterapkan dalam kebebasan merdeka belajar dengan mencontoh guru atau orang tua sebagai panutan.

Profil Penulis

Edit Kadila, S.Pd putri ketiga dari tujuh orang ber-saudara, dari Bapak H.Asnil Nazar dan Ibu Hj.Marni. Lahir di Jakarta, 05 Oktober 1971. Menempuh Pendidikan S1 di STKIP Panca Sakti Bekasi Jurusan Ekonomi dan S1 di Universitas Terbuka Jurusan Pendidikan Biologi.

Sehari-hari menjabat sebagai Pengelola PAUD Al Hafizh dan Guru Biologi di SMA Cisarua Bogor. Meraih penghargaan sebagai Pelopor Penggerak Literasi Bogor di kegiatan Temu Nasional Guru Penulis. 2019. Karya buku tunggalnya Cara Cantik Menjadi Guru IPA, Catatan Harian Kepala PAUD, dan Penjelajah Jalur Puncak. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WA (085810527085) atau email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang menginspirasi. Sukses terus Bunda Edit.

08 Mar
Balas

Aamiin..terimakasih Bunda

09 Mar

Mantap

08 Mar
Balas

Terimakasih Bunda

09 Mar



search

New Post