Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya

Vio Yang Malang

Nama lengkapnya adalah Viona. Usianya baru 5 tahun dan sekarang Vio bersekolah di Paud Al Hafizh. Sekolah Paud yang saya kelola hampir tiga tahun ini.

Vio gadis kecil yang cantik berambut panjang , sangat aktif dan "bawel" sekali. Usianya yang masih sangat kecil sudah dibebani dengan masalah orang tuanya. Dia sering bercerita bagaimana orang tuanya yang sering adu mulut. Sampai sikap kasar dari kedua orang tuanya, Vio juga tahu dan menceritakannya.

Tanpa ada rasa malu Vio bercerita di depan anak-anak lainnya, tentang keburukan orang tuanya.

Suatu hari saya pergi ke paud , dan menjelaskan tentang tema keluarga. Saya bercerita tentang rasa sayang kepada ayah dan Ibu. Tiba-tiba Vio nyeletuk kalau dia sayang papih. Dan dia bilang kalau dia tidak sayang sama mamihnya. Karena mamihnya sering pergi dan tidak pulang-pulang.

Ya Allah..saya sedih sekali mendengarnya. Anak sekecil itu sudah harus menerima beban masalah dari orang tuanya. Apa sebenarnya yang ada dipikiran mereka?. Apa mereka tidak sayang dengan masa depan anaknya?

Agar masalah ini tidak sampai berlarut, saya memanggil Mamihnya Vio yang kebetulan waktu itu mengantar Vio. Saya ajak komunikasi dan saya bercerita tentang keadaan Vio selama di sekolah. Saya katakan bahwa saya khawatir dengan keadaan Vio.

Mamihnya pun minta maaf, dan mulai bercerita tentang problem rumah tangganya. Saya tersenyum. Saya katakan bahwa setiap orang punya masalah dalam berumah tangga. Tapi saya memohon sembunyikan masalah itu di depan anak, kasihan jiwanya. Anak akan merasa sedih dan dia akan merasa kehilangan sosok orang yang sangat disayanginya. Apalagi sampai harus meninggalkan anaknya pergi. Mamihnya Vio mengiyakan, dan mengucapkan terimakasih atas perhatian yang saya berikan. Mamihnya Vio berjanji akan menjaga hati Vio. Saya senang sekali mendengarnya. Semoga Vio yang malang kini bisa bahagia. Bahagia bersama dengan mamih papihnya. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali