Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya

Program Sekolah Jangan Jadi Beban Orang Tua

Setiap sekolah pasti punya program kerja. Program kerja itu dibuat untuk mencapai tujuan pendidikan. Pengembangan program sekolah hendaklah melalui tahapan dan langkah yang sistematis. Dalam pengembangan program sekolah juga harus mempertimbangkan potensi dan kemampuan sekolah, sejauh mana kekuatan sekolah dan lingkungan mendukung keterlaksanaan program apakah terdapat hambatan atau tidak.

Sebagai pengelola, saya juga punya program kerja sekolah. Program itu biasanya akan disampaikan pada awal tahun ajaran baru. Misalnya saja program untuk memperingati Hari Kartini, Hari Kemerdekaan, Maulid Nabi, Isra Mi'raj, manasik haji, dan perayaan kenaikan kelas.

Program kerja seperti yang di atas, tentu saja selalu berkaitan dengan masalah dana. Untuk itu, sekolah saya mempunyai ketua komite untuk selalu diajak komunikasi. Setiap program sekolah yang akan dilaksanakan, saya akan mengembalikan lagi kepada orang tua melalui musyawarah.

Sebagai pengelola saya harus bijaksana. Saya harus bisa melihat dengan hati bahwa tingkat ekonomi orang tua tidak sama. Dalam forum rapat, saya memberikan arahan untuk selalu menengok ke orang tua yang tingkat ekonominya lemah. Tujuan terpenting dari program sekolah yaitu bisa terlaksana dan mencapai tujuan pendidikan.

Saya berusaha untuk tidak membuatkan pilihan kepada orang tua. Seperti pilihan yes or no. Justru hal itu akan membuat semacam kecemburuan sosial dan juga rasa iri di hati anak-anak yang masih suci. Apalagi kalau program yang kita jalankan hanya untuk mencari keuntungan, InsyaAllah tidak akan berkah.

Solusi yang bisa dilakukan adalah melaksanakan program sesuai dengan tingkat kemampuan ekonomi orang tua. Yang memiliki tingkat kemampuan ekonomi tinggi justru harus bisa mengikuti dibawahnya. Alhamdulillah semuanya selalu ada kebersamaan dan program sekolah tetap berjalan.

Dalam mengelola sekolah, saya selalu berusaha menggunakan hati. Ketika kegiatan program sekolah yang membuat saya "tekor", saya anggap sedekah saja. Yang terpenting semua anak senang dan bahagia.

Sampai ada kata, bahwa menjadi pengelola paud bisa jadi kaya. Alhamdulillah.. kalau kaya hati InsyaAllah. Saya banyak mendapatkan keberkahan dan kekayaan dalam hidup. Rezeki kesehatan dan juga kebahagiaan bersama anak-anak yang suci. Semoga saya selalu bisa istiqomah. Hanya dengan cara ini , saya bisa menanam ladang pahala. Semoga selalu berkah. Aamiin..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali