Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Juara itu Bukan Dilahirkan Tapi Diciptakan

Juara itu Bukan Dilahirkan Tapi Diciptakan

Ketika sosialisasi pembekalan guru prestasi, kepala sekolah dan pengawas di Hotel Bale Arimbi Selasa 13 Februari 2018, saya memiliki kesan yang sangat mendalam atas sambutan dari Bapak Kabid GTK Kabupaten Bogor yang bernama Bapak Asep Ahadiat, M. Pd. Beliau mengatakan "JUARA ITU BUKAN DILAHIRKAN TAPI DICIPTAKAN'. Kalimat yang sangat luar biasa.

Apakah untuk seorang guru yang hebat, pengusaha yang hebat, pemain sepak bola yang dan yang lainnya itu dilahirkan atau diciptakan?

Menurut saya kata dilahirkan dan diciptakan adalah jawaban yang tepat. Kata dilahirkan berhubungan dengan bakat dan potensi yang melekat pada dirinya saat anak dilahirkan. Namun bakat dan potensi tidaklah cukup. Kata diciptakan menjadi faktor penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak dengan cara pembekalan diri melalui ilmu pengetahuan, keterampilan serta lingkungan yang baik.

Saya teringat dengan ayah saya yang memiliki kewirausahaan yang sukses. Beliau memiliki bakat sejak kecil dalam kewirausahaan. Tapi ternyata itu tidak cukup dengan mengandalkan bakat saja. Beliau menggabungkan bakatnya itu dengan pengetahuan dan keterampilannya sehingga akhirnya beliau menjadi seorang wirausaha yang hebat dan sukses. Sehingga beliau sering menanamkan kepada saya untuk terus menciptakan apa yang ada dalam diri saya.

Saya percaya bahwa setiap anak yang dilahirkan ke muka bumi ini memiliki bakat dan potensi yang spesial. Namun itu saja tidak cukup. anak juga harus diberikan berbagai macam keterampilan yang dapat digunakan saat nanti mulai menjalankan karirnya. Keterampilan itu bukan hanya diperoleh di bangku sekolah saja namun di luar pun bisa dengan cara mempraktekkannya. Selain keterampilan, mengasah mental pun sangat penting agar nantinya dia bisa menjadi orang yang sukses tapi memiliki karakter atau kepribadian yang baik.

Hal-hal seperti ini penting sekali kita terapkan kepada anak kita sejak kecil agar anak tidak manja dan malas. Kita sebagai orang tua juga harus menanamkan sikap mandiri kepada anak, sehingga saat dewasa nanti dia akan tumbuh menjadi orang yang sukses yang tidak cengeng dan selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam karirnya. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dalam membentuk karakter anak untuk menjadi orang yang sukses.

Saya melihat ada beberapa anak yang telah lulus sekolah atau drop out dari sekolah karena suatu kasus yang menimpanya dia berubah menjadi anak yang sukses. Mungkin kita tidak pernah mengetahuinya. Ternyata mereka sudah melatih dirinya di luar sekolah untuk menjadi orang yang handal. Mereka membangun jejaring ilmu pengetahuan dari usia yang sangat muda dengan orang-orang yang berpotensi. Sehingga mereka bukan hanya belajar di sekolah saja tapi belajar di sekolah jalanan.

Tentu tidak semua orang bisa seperti itu, maka dari itu tetap dibutuhkan sistem pendidikan yang diperolehnya di bangku sekolah agar setiap anak sudah disiapkan sebagai orang yang sukses. Dan tugas gurulah yang berperanan dalam menggali potensi yang ada dalam diri siswa kita. Guru pun harus menciptakan potensi yang ada dalam diri siswa. Ingat, siswa hebat karena guru yang hebat.

Pagi yang indah,14022018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terus berlatih dan belajar, Juara sudah menanti ibu di ujung sana...

14 Feb
Balas

Siap Pa Guru..sang motivator

14 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali